Cara Mencuci Tangan yang Benar dalam Mencegah Virus Corona

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Kemunculan virus corona di Wuhan, China pada akhir Desember 2019 lalu hingga saat ini masih belum terputus rantai penyebarannya. Jika pada awal kemunculannya hanya menyerang negara China, kini sudah menjalar ke hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali negara Indonesia. Proses penyebaran yang mudah dan cepat, membuat virus ini dengan mudah ditularkan dari manusia ke manusia lainnya. Bahkan penularannya pun tidak pandang bulu, bisa menyerang wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia manapun.

Coronavirus disebut sebagai virus yang mampu menyebabkan penyakit pada tubuh hewan dan manusia. pada tubuh manusia, corona diketahui bisa menyebabkan infeksi pernapasan, mulai dari yang ringan yaitu sakit flu hingga yang lebih parah adalah penyakit MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Dan untuk coronavirus yang saat ini tengah membuat panik seluruh negara di dunia merupakan jenis yang paling terbaru bernama SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab penyakit COVID-19 (corona virus disease 2019).

Virus corona terbaru bernama SARS-CoV-2 ini awalnya berasal dari hewan yang menular ke manusia. Namun seiring dengan perkembangannya bisa ditularkan dari manusia ke manusia lain. Cara penyebaran melalui percikan atau tetesan kecil dari hidung maupun mulut penderita COVID-19 yang tidak sengaja mengenai individu lain ketika batuk, bersin, tau berbicara. Selain itu penularan bisa juga melalui benda sudah terkena percikan atau tetesan dari penderita COVID-19, namun disentuh oleh individu lain yang sehat.

Penyebaran baru mulai terjadi ketika tangan yang tidak sengaja menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus tadi digunakan untuk menyentuh hidung, mulut, dan mata. Mengingat fakta inilah, sering-sering mencuci tangan sangatlah dianjurkan agar bisa mencegah penyebaran coronavirus. Karena kita tidak tahu benda-benda yang kita pegang atau sentuh sudah terkontaminasi dengan virus ataukah belum. Sehingga untuk amannya kita perlu rajin-rajin mencuci tangan, terlebih bagi mereka yang harus berkegiatan di luar rumah. Meskipun saat di rumah sekalipun juga tetap disarankan untuk lebih rajin mencuci tangan.

Mencuci tangan tidak boleh asal terkena air dan sabun saja, namun caranya juga harus tepat agar bisa mencegah penularan coronavirus. Adapun cara yang benar dalam mencuci tangan, yaitu:

  1. Pastikan mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun minimal 20 detik.
  2. Ratakan sabun pada kedua telapak tangan.
  3. Gosok dengan sabun bagian telapak tangan, punggung tangan dan sela-sela jari secara sempurna, baik tangan kanan maupun kiri.
  4. Gosok punggung jari tangan kanan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.
  5. Untuk ibu jari tangan kiri bisa di gosok memutar dalam genggaman tangan kanan, begitu juga sebaliknya.
  6. Gosok memutar ujung jari tangan kanan menggunakan telapak tangan kiri, begitu juga sebaliknya.

Setelah selesai mencuci tangan dengan benar tersebut, disarankan untuk tetap menghindari menggunakan tangan untuk menyentuh area muka, seperti hidung, mulut dan mata. Karena tindakan ini bertujuan untuk meminimalkan resiko terpapar virus corona yang mungkin menempel pada tangan. Mengingat gejala pada penderita COVID-19 yang menyerupai gejala orang sakit flu, seperti demam, sesak napas, batuk, pilek, dll, maka sebaiknya segera minum obat dan berkonsultasi pada dokter mengenai kondisi yang dialami. Hal ini sebagai antisipasi untuk kemungkinan terburuk jika bisa saja menderita COVID-19. Anda bisa memeriksakan diri langsung ke dokter atau bisa juga berkonsultasi via online melalui aplikasi kesehatan yang sudah terpercaya, seperti Halodoc.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *